Perbandingan Versi Windows 8


Perbedaan Versi-Versi Windows 8 Lengkap
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Perbedaan Versi-Versi Windows 8 Lengkap |

Versi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk Windows 8 yaitu : Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise, dan Windows 8 RT. Dari ke 4 versi ini ada 3 versi yang bisa sobat instal dengan bebas di komputer sobat yang tentunya dengan membeli DVD-nya, yaitu untuk Windows 8, Windows 8 Pro, Windows 8 Enterprise yang tentunya bisa berjalan pada mesin x64/x86. Berbeda halnya dengan Windows 8 RT yang bisa dikatakan sobat tidak bisa menginstalnya sendiri karena memang sudah dipaketkan ke dalam produk Tablet PC dengan mesin ARM. Selain itu masih banyak kekurangan dan kelebihan Windows 8 RT, untuk lebih jelasnya bisa langsung disimak penjelasan berikut ini, cekidot…Ketersediaan
Windows RT hanya tersedia dalam pre-install pada perangkat baru yang dijual. Tidak seperti Windows 8 yang selain tersedia dalam bentuk pre-install di device, juga dijual dalam bentuk kotak kepingan DVD yang dijual bebas.

Ini artinya, apa yang ada di toko-toko software legal adalah Windows 8 atau Windows 8 Pro. Karena Windows RT tidak bisa diinstall langsung baik online maupun kepingan DVD.

Harga
Windows RT secara harfiah tak ‘ternilai’, karena sobat tidak bisa membelinya. Tapi biaya lisensi untuk produsen lebih murah dari Windows 8 atau Windows 8 Pro.

Selain itu, pengguna Windows RT tidak akan harus membayar untuk aplikasi Office seperti Word, PowerPoint dan Excel. Sedangkan Windows 8 dijual mulai dengan harga USD 69,99.

Antarmuka
Memang antara Windows RT dan Windows 8 menggunakan antarmuka modern UI style yang baru atau sebelumnya kita kenal denga Metro Style, tetapi Windows 8 bisa di-drop down ke desktop tradisional untuk aplikasi yang lama. Windows RT tidak bisa melakukannya.

Antarmuka desktop model lama pun tidak tersedia di Window RT, termasuk tidak adanya dukungan dari software dari pihak ketiga.

Kompatibilitas
Ada perbedaan besar di sini, Windows RT dilengkapi dengan Office yang terinstal, dan Windows 8/Pro tidak. Namun, Windows 8/Pro kompatibel dengan program Windows yang ada (Windows 7 atau ke bawah), sedangkan Windows RT tidak.

Fitur
Windows RT tidak mendapatkan semua yang ada di Windows 8. Tidak ada Windows Media Player atau Spaces Storage, tidak ada enkripsi BitLocker, tidak ada Group Policy manajemen atau dukungan domain, dan Remote Desktop hanya bekerja dalam modus klien.

Itulah Perbedaan Versi Windows 8 yang dilihat dari sisi, ketersedian hardware, harga, antarmuka, kompabilitas serta fitur. Namun, untuk lebih jelasnya sobat bisa melihatnya pada tabel berikut ini :

Perbedaan Versi-Versi Windows 8 Lengkap
Perbedaan Versi-Versi Windows 8 Lengkap
Perbedaan Versi-Versi Windows 8 Lengkap

Setelah sobat menyimak Perbedaan Versi Windows 8 yang saya paparkan di atas, semoga saja bisa memberikan sedikit pencerahan kepada sobat mengenai Perbedaan Versi Windows 8. Sehingga sobat bisa lebih bijak memilih Windows 8 apa yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

1 Komentar

  1. kalau aku lebih nyaman pakai windows 7 sob.,.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s