Macam-Macam OS Android


Platform atau Versi pada setiap OS menandakan peningkatan dari versi yang sebelumnya. Pada OS Android sendiri sekarang sudah terdapat sekitar 10 versi OS Android. menurut kabar Android versi terbaru yang akan dirilis dinamakan OS Android Jelly Bean. Berikut ini adalah versi Android yang ada hingga saat ini :

1. Android 1.0 (Astro)
Ini adalah Platform pertama yang diusung Google inc yang dirilis pada 23 September 2008. Tidak banyak yang saya ketahui tentang OS ini tetapi Menurut beberapa sumber, OS inilah yang pertama kali memperkenalkan Android Market (Sekarang Google Play) dan beberapa layanan Google.
2. Android 1.1 (Bender / Banana Bread)
OS Android Banana Bread sebelumnya diberi nama Bender karena pelanggaran trademark maka tidak disematkan di produk ini. Sebenarnya OS versi ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya (Astro) di versi kali ini hanya perbaikan perbaikan Bugs, penambahan API, dan menambah beberapa fitur yang tidak dimiliki Android Astro. OS ini sendiri pertama kali dirilis 9 Februari 2009 pada perangkat T-Mobile G1.
3. Android 1.5 (Cupcake)
Versi ini pertama kali di rilis pada 30 April 2009. Versi ini memiliki basis Linux Kernel 2.6.27. Versi ini dirilis untuk memparbarui atau mengupdate beberapa UI, dan fitur terbaru yang tidak dimiliki pendahulunya.
4. Android 1.6 (Donut)
OS ini pertama dirilis pada 15 September 2009. Pada versi ini OS sudah mendukung fitur canggih seperti Percepatan bidik kamera, dapat menerima sinyal CDMA/EV-DO, lebih dimudahkan mencari file di Google Play, dan memiliki layar dengan resolusi WVGA.
5. Android 2.0/2.1 (Eclair)
Pada 26 Oktober 2009 saat OS ini dirilis. Google inc memperkenalkan versi terbaru mereka yaitu Eclair seperti sebelumnya OS ini adalah peningkatan dari pendahulunya. OS ini sudah mendukung SMS, Telepon, Flash camera dan masih banyak lagi.
6.  Android 2.2 (Froyo / Frozen Yogurt)
OS ini dirilis pada 20 Mei 2010. OS ini mungkin salah satu yang memiliki potensi untuk menyaingi iOS dari Apple. Versi ini sudah mendukung Adobe Flash Player 10.1 untuk mempermudah menjelajah dunia maya. karena semakin canggih Ponsel atau Tablet pasti membutuhkan ruang penyimpanan yang kian besar. sebab itu Google sudah menyematkan kartu SD Card untuk memori eksternal produk mereka.
7. Android 2.3 (GingerBread)
Mungkin tanggal 6 Desember 2010 merupakan hari yang bersejarah untuk para Gamer via Ponsel dan Tablet. OS ini memang dirancang untuk memaksimalkan kemampuan Game atau Aplikasi. OS versi ini merupakan produk Google yang paling banyak di gunakan di Dunia. mungkin Google ingin memaksimalkan OS ini mereka pun menambah resolusi Layar mereka menjadi WXGA sangat pas untuk menunjang performa Game kelas berat.
8. Android 3.0/3.1/3.2 (Honey Comb)
OS ini dirilis 22 Februari 2011. OS ini dikhususkan untuk pemaksimalan para pengguna Tablet. dan pada beberapa perkembangan terbaru diketahui OS ini sudah mendukung penerimaan jaringan kelas atas 4G yang baru saja dirilis pada Motorola Xoom Februari 2012.
9. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Bisa di bilang Android Versi ini adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya. dari awal dirilis sampai sekarang hanya 8% pengguna Android yang memakai OS ini. alasan mereka OS ini masih belum bisa seperti yang di inginkan sebab masih banyak bug – bug yang ada di OS ini. OS ini sendiri dirilis 19 Oktober 2011. Fitur terbaru yang dimiliki OS ini antara lain Face Unlock, Auto Sync with Chrome, dan Wi-Fi Direct
10. Android 4.1 (Jelly Bean)
Produk terbaru Google saat ini Jelly Bean yang dirilis kemarin tanggal 9 July 2012. OS ini memiliki fitur terbaruyang agak asing seperti Offline Vioce Dictation, Audio Chaining, Expandle Notification. Karena OS ini tergolong sangat baru belum diketahui apakah OS ini merupakan penyempurnaan dari OS ICS yang memiliki banyak bugs atau tidak.
Terima kasih atas kunjungannya.

2 Komentar

  1. rock on! i love this stuff. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

  2. when i need to understand something i know that i will probably find it in here. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s