Perbedaan OS windows, Mac, Unix, Linux.


Antara Windows, Unix, DOS, Linux dan Macintosh

A. DEFINISI
1.    WINDOWS
 Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Sejarah Singkat Windows

Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI. Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).
Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.
Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi Windows ini adalah dukungan jaringan, di mana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional.
Windows XP Media Center Edition adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal Video Recorder).
Windows Vista adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.
Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi. Banyak di antaranya merupakan teknologi yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar dan tidak terlihat oleh pengguna akhir.
Windows XP Tablet PC Edition adalah versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentuknya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop. Windows XP Tablet PC Edition dibangun berbasis Windows XP Professional, yang ditambahi dengan fitur pengenalan tulisan tangan (handwriting recognizition) yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP Professional biasa. Pada umumnya, sebuah Tablet PC dilengkapi dengan layar sentuh.
Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64. Saat ini, prosesor yang menggunakan arsitektur tersebut terbatas pada prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Athlon 64 dan Opteron. Dari keluarga Intel ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T (Extended Memory 64-bit Technology), dan beberapa seri dari Intel Pentium M dan D, serta beberapa varian dari keluarga Intel Core. Perbedaan dengan Windows XP Professional yang diluncurkan sebelumnya adalah pada dukungannnya terhadap akses memori lebih besar daripada 4 Gigabytes seperti pada Windows XP sebelumnya. Sebenarnya, prosesor 64-bit dari Intel maupun AMD dapat mengakses 16 Eksabyte memori, tetapi Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi Windows ini hingga 16 Terabyte saja. Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dari versi Windows XP yang lainnya, mengingat basis kode yang digunakan adalah Windows Server 2003, Standard Edition for x64, mengingat nomor versi yang digunakannya dalah 5.2.3790.
Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium merupakan versi yang sangat terbatas sekali dilihat dari segi penjualannya. Akan tetapi, produk ini mendukung teknologi mikroprosesor yang sangat bagus, yaitu IA-64 yang digunakan oleh prosesor Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Dukungan yang diberikan oleh Microsoft adalah dukungan terhadap semua fitur dari prosesor Itanium tersebut, akan tetapi karena sedikit sekali aplikasi yang didesain untuk prosesor Itanium, penyebaran produk ini sangat sedikit. Perbedaan fitur dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosesor Itanium, dengan segala arsitektur bawaannya, seperti EFI (Extensible Firmware Interface), dan GPT (GUID Partition Table). Meskipun prosesor Itanium merupakan prosesor dengan kinerja paling efisien, Itanium tidak dapat menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit maupun Windows XP x64 Edition. Ketika menjalankan program yang tidak didesain untuknya, kinerjanya pun sangat rendah.
Windows XP Starter Edition merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Ekuador, Uruguay, dan Venezuela). Menurut berbagai sumber, Microsoft membuat Windows XP Starter Edition dengan tujuan untuk memerangi sistem operasi GNU/Linux, karena sistem operasi tersebut populer di negara-negara dunia ketiga tersebut.
2.    UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
3.    DOS
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.
4.    LINUX-UBUNTU

Linux Untuk Umat Manusia
“Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Ubuntu adalah suatu sistem operasi bebas dan open source yang menggunakan Debian sebagai fondasinya dan dirilis secara berkala (setiap enam bulan), fokus utama sistem operasi Ubuntu adalah para pengguna dan kemudahan penggunaan (sesuai dengan “Just Work” TM) dan pada setiap rilis Ubuntu akan memberikan perbaikan keamanan selama 18 bulan. Ubuntu menyertakan lingkungan desktop Gnome / KDE / XFCE terbaru di setiap rilis dan juga menyertakan beragam pilihan perangkat lunak untuk server dan desktop yang semuanya dikemas ke dalam satu CD.
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas Finland Linus Torvalds yang belajar di Universitas Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan secara komersial.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.
Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang di dalamnya disertakan program-program lain pendukung sistem operasi. Contoh program tersebut adalah server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menggunakan sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi.
Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan ini dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX proprietari, serta faktor keamanan dan kestabilannya dibandingkan dengan Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Linux mendukung banyak perangkat keras komputer, dan telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, superkomputer dan sistem benam (embedded system), seperti telepon seluler (Ponsel) dan perekam video pribadi.
5.    MACINTOSH
Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001.

Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix).

Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.

Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. (dikutip file:///E:/sistem%20operasi/sistem-operasi-unix-dos-windows-linux.html).

B. PERBEDAAN ANTARA WINDOWS, LINUX DAN MACINTOSH DARI SISI KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA
WINDOWS
Kelebihannya :
·      Pengguna (user) bisa membuka lebih dari 1 file dalam waktu bersamaan.
·      Pengguna (user) dapat menjalankan lebih dari 1 aplikasi pada saat yg bersamaan.
·      Digunakan oleh mayoritas pengguna computer di dunia.
·      Banyak terdapat aplikasi yg kompatibel dgn Windows.
·      Bisa sharing dari berbagai data aplikasi yang lainnya dgn mudah.
·      Banyak mendukung dari hardware & software.
·      Aplikasi lengkap
·      Lebih friendly
Kekurangannya :
·      Space hardisk yang dibutuhkan besar.
·      Membutuhkan kecepatan prosesor yang begitu tinggi.
·      Sistem file yg agak kacau,
·      Untuk mendapatkannya harus membeli
·      Rentan terkena virus
Contoh: jika kita menginstall suatu aplikasi system DLL (Dynamic Link Libraries)  biasanya langsung diletakkan di C:\\Windows\System\
Sementara aplikasi itu sendiri letaknya ada di tempat yang lain, sehingga dapat menyusahkan disaat menguninstall aplikasi tersebut.
LINUX
Kelebihan Linux :
·      Jika pada Linux, bisa berinteraksi dgn operating system lain dgn cara : Kompabilitas file system, network, & emulasi operating system.
·      Lisensi gratis
·  Virtual memory linux mempunyai kemampuan menjalankan program – program yg lebih dari seharusnya.
·      Didukung ribuan programmer – programmer seluruh dunia.
·      Bisa didapatkan secara gratis
·      Lebih stabil dan lebih tahan dari serangan virus
·      Aplikasi linux juga sudah lengkap
·      Linux lebih flexsibel dan reliable
 Kekurangan Linux :
·  Aplikasi yang tersedia belum begitu lengkap, tidak seperti di windows.
·      Operating system yang lumayan sulit untuk dipelajari.
·  Banyak pengguna yang belum terbiasa denganLinux dan masih ‘Windows minded’. Hal inidapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atauedukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
·   Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux.Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya diLinux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
·   Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bilaterkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD /DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harusmen-download satu per satu package yangdibutuhkan beserta dependencies-nya.
·   Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.
MACINTOSH
Macintosh yang berarti Mac OS.
Kelebihan dari Macintosh/Mac OS :
·      Mac OS tidak mudah terkena virus.
·      Bisa melakukan semua hal yang hanya dilakukan di MAC.
·      OS yang lumayan begitu banyak peminatnya, khususnya para graphic designer.
·      Lebih stabil dan lebih tahan dari serangan virus sama dengan linux
·      Aplikasi lebih banyak dari linux
·      Tampilan indah dan eklusif
Kekurangan dari Macintosh/Mac OS:
·      Biaya (produk) mahal.
·     Tidak bisa digunakan dalam waktu yang bersamaan.
·     Hanya berguna bagi Graphic Designer.
·     Mac tidak bisa dirakit sendiri.
·    Softwarenya tidak begitu lengkap, dan kurang cocok bagi para gammers atau untuk bermain game, karena tampilannya kurang begitu menarik.

C. PERBEDAAN ANTARA WINDOWS, LINUX DAN MACINTOSH DARI BEBERAPA SISI YANG LAIN

Windows merupakan Produk dari Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, tujuan Microsoft adalah untuk komersial. sedangkan linux meruapakan Sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Tovald pada tahun 1991, pada saat itu diamasih berstatus mahasiswa di Universitas Helsinki.
Tidak seperti Microsoft, Linux merupakan system operasi yang gratis dan sumbernya pun terbuka sehingga siapapun boleh mengembangkannya. Walaupun demikian,Lisensinya tetap dipegang oleh Linus Tovald sebagai jerih payahnya dalam menemukan linux.Sedangkan Sistem operasi MC OS merupakan system operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan komputerApple. Perusahaan Apple didirikan pada tahun 1976 oleh oleh steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insyiur Atari yang bernama Ronald Wayne.
Secara aplikasi berikut adalah perbedaan Sistem Operasi Windows dengan Linux adalah sebagai berikut;
A.   Spesifikasi
1.    User Interface
Windows

Tidak banyak memiliki User Interface kecuali Windows vista
     Linux
Banyak memiliki User Interface, bisa memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer.
     Macintosh
Sama seperti Windows, Juga tidak begitu banyak memiliki user interface seperti Linux.
2.    Keamanan dan Virus
Windows

Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalumengancam system operasi Windows. Sehinggadapat merusak data yang ada di windows.
    Linux
Virus bagi linux bukanlah sesuatu yang menakutkan bagi pengguna Sistem Operasi Linux,karena keamanan dilinux lebih kuat. Walaupun virus bisa saja masuk dan berkembang biak di linux.Namun Tidak membawa kerusakan yang besar.
3.    Spyware
Windows

Spyware adalah suatu masalah yang cukup umumdi dunia Windows. Biasanya program spywaremengamati, mengumpulkan dan mengirimkan dataAnda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif,program ini biasanya dipergunakan untuk keperluanmarketing. Sayangnya, ada juga yang berniat burukyaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya.
B.   Instalasi dan Kelengkapan Program
Windows

Windows adalah sistem operasi, itu sebabnyaWindows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanyaakan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
    Linux
Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapiLinux didistribusikan dengan banyak programdidalamnya (itu sebabnya dikenal istilah distro – darikata distribusi – Linux). Setelah diinstal, Anda akanmenemui banyak aplikasi . Sebut saja kategori OfficeSuite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet(Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger,Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
C.   Konfigurasi Sistem
Windows

Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan sistem point n’ click yang sudah berbasis grafis.
    Linux
Di Linux, Anda mungkin sering mendengarperlunyamempelajari perintah-perintah secara manual di command line. belakangan Linux sudahmengalami perkembangan yang sangat pesat,sehingga hampir semua hal juga bisa anda lakukansama mudahnya seperti di Windows.
D.   Hardware Support
 Windows
Di Windows, biasanya Anda tidak pernah mendengar masalah hardware, karena hampir semua hardwareyang ada sudah menyertakan drivernya.
    Linux
Di Linux Anda mungkin sering mendengar suatuhardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadikarena pembuat hardware tidak menyediakan driverversi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux.
E.    Menangani Crash
Linux secara umum terlihat sebagai sistemoperasi yang stabil. Dan jika Anda membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Untuk Windows XP – jika Anda mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik – juga akan cukup stabil.
Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saatAnda juga akan menemui masalah di Linux.Sekalipun jarang, tetapi program yang crash atauhang bisa saja terjadi. Ini adalah suatu fakta darikehidupan di dunia komputer. Sekalipun demikian ada beberapa perbedaan diWindows dan Linux. Unix dan Linux mempunyaisifat multi-user. Linux menjalankan aplikasi secara berbeda dengan Windows. Ketika suatu aplikasiterkunci, Anda dapat mematikannya dengan mudah.Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, danAnda dapat memilih aplikasi (atau proses) manayang bermasalah.
F.    Partisi Harddisk
Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuksuatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatusistem penyimpanan yang besar. Folder /mntmerupakan tempat untuk Anda mengakses semuamedia yang ada di komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, ataupun FlashDisk.
G.   Penamaan File
Linux menggunakan “/” untuk memisahkanfolder dan bukannya “” yang biasa digunakanDOS/Windows.
Linux bersifat case-sensitive, ini berarti file“Hello.txt” berbeda dengan file “hello.txt”. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Anda mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika Anda mengklik file “Hello”, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.
H.   Defrag
Windows

Di Windows, Anda mungkin sering menemuimasalah menurunnya kecepatan Windows. Salahsatu penyebab biasanya adalah file-file di harddiskyang sudah tidak tersusun rapi lagi. itu sebabnyaAnda disarankan untuk menggunakan programDefrag.
    Linux
Di Linux Anda tidak akan menemukan programuntuk men-defrag harddisk Namun jika harddiskAnda sudah terisi sampai 99% Anda akanmendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Andamemiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.
I.    Sistem File
    Windows
Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari WindowsNT/2000/XP). Anda bisa membaca dan bahkanmenyimpan file di sistem FAT dan NTFS milikWindows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windowstidak akan bisa membaca atau menyimpan file disistem Linux.
    Linux
Seperti halnya Windows, Linux memilikibeberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFSatau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagusdari FAT atau NTFS milik Windows karenamengimplementasikan suatu tehnik yang disebutjournaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentangsistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnalakan diselesaikan setelah proses reboot dan semuafile di harddisk akan tetap berjalan lancar.

J.    3D Desktop
Windows mengawalinya di Windows Vistadengan menyediakan fitur 3D Flip. tidak lamakemudian Linux menyediakan fitur 3D Desktop yang jauh lebih lengkap, seperti 3D Flip, 3D Cube, 3DRing, dll.
Di Vista, fitur 3D kurang populer karenamembutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.Berbeda jauh dengan Linux yang mampumenjalankan fitur 3D Desktop pada komputerdengan spesifikasi yang sangat rendah

3 Komentar

  1. […] Perbedaan OS windows, Mac, Unix, Linux. // IE Evitar seleccion de texto document.onselectstart=function(){ if (event.srcElement.type != "text" && event.srcElement.type != "textarea" && event.srcElement.type != "password") return false else return true; }; // FIREFOX Evitar seleccion de texto if (window.sidebar){ document.onmousedown=function(e){ var obj=e.target; if (obj.tagName.toUpperCase() == "INPUT" || obj.tagName.toUpperCase() == "TEXTAREA" || obj.tagName.toUpperCase() == "PASSWORD") return true; /*else if (obj.tagName=="BUTTON"){ return true; }*/ else return false; } } // End –> #header { background: url(http://besttabletcomputerblog.com/wp-content/themes/hmt-pro-skin-ultimate-sky-5/images/header-bg.png); } […]

  2. terima kasih izin download

  3. Hi there it’s me, I am also visiting this web page on a regular basis, this site is truly pleasant and the viewers are genuinely sharing pleasant thoughts.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s