Snmptn Jalur Undangan 2012/2013


Dengan dibukanya program Jalur Undangan pada Snmptn 2011 sebenarnya merupakan kemajuan tersendiri dalam sistem penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri. Tetapi berdasarkan publikasi media jalur ini masih belum dimengerti sepenuhnya baik oleh siswa, guru, orang tua, atau masyarakat umum. Dengan dasar pemikiran semacam ini kami merasa berkewajiban untuk memberikan penjelasan yang dapat dimengerti oleh berbagai pihak, terutama untuk para calon peserta Snmptn 2012 pastinya harus difahami sebab Snmptn Jalur Undangan merupakan gerbang pertama penerimaan Snmptn sebelum jalur ujian tulis/keterampilan digelar. Salah satu kesulitan memahami jalur undangan ini terutama dalam aspek cara/proses pendaftarannya.

Kalau kita simak jalur undangan ini ada kemiripan dengan sistem PMDK (contoh Usmi IPB) yang hanya terbuka untuk siswa yang sekolahnya mendapat undangan panitia Snmptn.
Jalur ini dimaksudkan untuk menampung siswa-siswa yang berprestasi konstan dari kelas 10 sampai 12, yang dilihat dari nilai rapor mereka.

Selama ini hampir semua PTN memiliki jatah kursi untuk siswa yang berprestasi di sekolah, antara lain dikenal dengan jalur penelusuran minat dan bakat atau penelusuran bibit unggul. Namun, mulai 2011 seleksi yang awalnya dilakukan PTN masing-masing menjadi tugas panitia SNMPTN 2011.

Siswa yang boleh mengikuti jalur ini harus masuk dalam kategori 25 persen siswa terbaik di sekolah yang sudah terakreditasi. Siswa boleh memilih dua PTN di mana pun dan bisa memilih masing-masing dua program studi.

Snmptn undangan dilaksanakan mendahului SNMPTN ujian tulis. Pengumuman penerimaan siswa yang lolos lewat jalur ini dijadwalkan sebelum pengumuman kelulusan ujian nasional (UN).

UN untuk siswa SMA/MA/SMK akan dilaksanakan pada sekitar bulan dan begitu juga dengan ujian susulannya. Sementara pengumuman kelulusan paling lambat 16 Mei 2011. Keputusan ini dimaksudkan agar siswa lebih fokus menghadapi Ujian Nasional.

Nah karena jalur undangan ini termasuk baru kami menyarankan bahwa sosialisasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) undangan harus dilakukan secara maksimal, baik lewat media massa lokal maupun dengan mengundang perwakilan sekolah ke PTN. Untuk Sekolah di daerah sosialisai harus dilakukan lebih dini sebab berdasar pengalaman tahun 2011 daerah banyak kesulitan memproses pendaftaran siswa berprestasi melalui jalur undangan di seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri karena kurangnya sosialisasi. Selain itu, penerapan program ini dinilai terlalu mendadak.

Di sisi lain, sejumlah sekolah juga kekurangan tenaga untuk mengumpulkan dan mengolah data siswa, serta kualitas akses jaringan internet tidak stabil.

Hal-hal Penting Berkaitan dengan Snmptn Jalur Undangan

Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, umur, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai lanjutan pendidikan setelah SLTA hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi Kepala Sekolah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa.

Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Sekolah dengan demikian dapat diberikan penghargaan dan kepercayaan melakukan seleksi awal calon mahasiswa yang berprestasi dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

Tujuan

Untuk dapat menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA seluruh Indonesia perlu dilakukan seleksi secara nasional melalui suatu kepanitiaan SNMPTN Jalur Undangan yang bertujuan :

1. Mendapatkan mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SLTA
2. Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
3. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

1. Ketentuan Umum
1. Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis/keterampilan.
2. Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
3. Kepala Sekolah mendaftarkan siswa terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diminati.
2. Persyaratan Sekolah
1. Sekolah yang memiliki akreditasi A, B atau C dari BAN-SM dan/atau terdaftar pada database SNMPTN Tahun 2011.
3. Persyaratan Siswa Pelamar
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK yang sedang duduk di kelas 12 dan akan mengikuti UN pada tahun 2012.
2. Siswa yang memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah dan memiliki prestasi akademik terbaik dengan peringkat sebagai berikut:

Akreditasi Sekolah

Jenis kelas

Peringkat siswa dalam kelas

A

Akselerasi

100% (semua siswa)

A

RSBI/Unggulan

75% terbaik

A

Reguler

50% terbaik

B

Reguler

25% terbaik

C

Reguler

10% terbaik

Tata cara Pendaftaran Snmptn Undangan

1. Panitia pusat bersama-sama dengan panitia lokal menginformasikan kepada sekolah tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana SNMPTN Jalur Undangan.
2. Kepala Sekolah harus membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN Jalur Undangan yang termuat dalam laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id, terutama yang berkaitan dengan persyaratan dan daya tampung program studi di masing-masing PTN.
3. Kepala Sekolah secara proaktif mendaftarkan profil sekolahnya melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan untuk mendapatkan user name dan password serta jumlah siswa yang dapat diusulkan mengikuti SNMPTN Jalur Undangan.
Proaktif : panitia tidak akan mengirimkan undangan secara tertulis yang dikirimkan langsung ke alamat masing-masing sekolah.
4. Kepala Sekolah mengisi data prestasi akademik siswa dengan menggunakan user name dan password secara online melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.
5. Kepala Sekolah memberikan Nomor Pendaftaran dan Password yang didapatkan dari sistem kepada siswa pelamar yang direkomendasikan.
6. Siswa Pelamar yang telah didaftarkan oleh Kepala Sekolah membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri dengan menunjukkan Nomor Pendaftaran.
Catatan : Bagi siswa pelamar yang memenuhi persyaratan program Bidik Misi 2011 tidak perlu membayar biaya pendaftaran, sehingga siswa tersebut dapat langsung login untuk melakukan pendaftaran Jalur Undangan secara online.
7. Siswa Pelamar dengan menggunakan Nomor Pendaftaran dan Password mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, mengunggah (upload) foto resmi terbaru, dan mencetak Kartu Bukti Pendaftaran, melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.
8. Kepala sekolah dan siswa pelamar harus mengisi data dengan benar dan jujur. Ketidak-jujuran pengisian data akan dikenai sanksi dan dapat berakibat dibatalkannya seluruh proses seleksi jalur undangan, walaupun siswa pelamar sudah dinyatakan lulus.

Jadwal Seleksi Snmptn Jalur Undangan

Pendaftaran : Sekitar awal Pebruari 2012 – pertengahan Maret 2012
Pengumuman Hasil : Sekitar bulan Mei 2012
Registrasi : Sekitar akhir Mei dan/atau awal Juni 2012

Program Studi dan Jumlah Pilihan

1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
2. Siswa pelamar dapat memilih program studi yang diminati pada masing-masing PTN yang dipilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga).
3. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan.
4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2011 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan tersebut di laman (website) PTN yang diminati.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2011 sebesar Rp. 175.000,- (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah).

Pengumuman Hasil dan Registrasi Jalur Undangan

1. Hasil seleksi jalur undangan akan diumumkan melalui laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id.
2. Registrasi bagi siswa pelamar yang lulus seleksi jalur undangan akan dilakukan sekitar akhir Mei 2012 dan/atau awal Juni 2012 di masing-masing PTN.
3. Persyaratan dan ketentuan registrasi yang harus dipenuhi oleh siswa pelamar yang lulus dapat dilihat pada laman di masing-masing PTN.

Integrasi Program Bidik Misi

Pada tahun 2012, Program Bantuan Biaya Pendidikan (Bidik Misi) dari Kementerian Pendidikan Nasional bagi siswa SMA/SMK/MA/MAK tampak masih akan diintegrasikan ke dalam pola seleksi SNMPTN. Ketentuan lebih lanjut mengenai program Bidik Misi ini dapat dilihat dalam laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

Lain-lain

Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 akan diinformasikan melalui situs ini atau laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Baku SNMPTN Tahun 2012.

Alur Pendaftaran Snmptn Jalur Undangan

Aspek Keadilan dalam Jalur Undangan

Sementara pengamat menilai bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan masih terlalu diskriminatif. Besarnya porsi untuk jalur undangan hanya untuk sekolah-sekolah tertentu, terutama hanya sekolah terakreditasi A, B, dan C, telah memberikan rasa ketidakadilan.

Alamat Kontak Snmptn Jalur Undangan

Call Center SNMPTN 2011: 0804-1-450-450

Helpdesk SNMPTN 2011: http://halo.snmptn.ac.id

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s